Contoh Daftar Hadir Rapat, Berita Acara dan Notulen Kegiatan Pengembangan Kurikulum

Daftar hadir, berita acara dan notulen rapat

Selamat berjumpa kembali di Blog Teacher Education. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang daftar hadir rapat, berita acara dan notulen/ notula kegiatan pengembangan kurikulum. Informasi dan file ini telah admin persiapkan dengan baik untuk dapat bapak ibu gunakan dalam memenuhi administrasi kurikulum di sekolahnya masing- masing.


Pengertian Kurikulum Sekolah

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan.

Prinsip Dasar Pengembangan Kurikulum Dalam Satuan Pendidikan

Setiap satuan pendidikan baik dasar, menengah ataupun tingkat atas, diwajibkan untuk menyusun dan mengembangkan dokumen kurikulum salah satunya dokumen kurikulum 2013. Berikut ini prinsip dasar pengembangan kurikulum dalam satuan pendidikan:
  1. berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya;
  2. beragam dan terpadu;
  3. tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
  4. relevan dengan kebutuhan kehidupan;
  5. menyeluruh dan berkesnambungan;
  6. belajar sepanjang hayat; dan
  7. seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

Administrasi Pelengkap Pada Dokumen Kurikulum 2013

Berikut adalah administrasi penting yang harus dilampirkan dalam kegiatan pengembangan atau penyusunan dokumen kurikulum dalam satuan pendidikan dasar, menengah ataupun tingkat atas:

  • Daftar hadir kegiatan pengembangan kurikulum.

Kegiatan pengembangan kurikulum secara administrasi harus dilengkapi dengan format daftar hadir. Format daftar hadir kegiatan pengembangan kurikulum dihadiri oleh: Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Tenaga Kependidikan dan Tenaga Pendidik.

  • Berita acara penetapan kurikulum.
Selanjutnya selain daftar hadir, kegiatan pengembangan kurikulum juga harus di buat berita acara kegiatan rapat tersebut dengan tujuan untuk menerangkan dan menetapkan hasil keputusan rapat/musyawarah tersebut. Dalam berita acara memutuskan hasil rapat oleh Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, seluruh Guru, Komite Sekolah atau penyelenggara lembaga pendidikan dan tokoh pendidikan setempat

  • Notulen rapat pengembangan kurikulum
Notulen/ Notula rapat pada kegiatan pengembangan kurikulum adalah rekaman atau catatan notulis tentang isi hasil keputusan rapat atau musyawarah tersebut. Berikut adalah struktur notulen rapat pengembangan kurikulum:
  • Hari/tanggal
  • Waktu
  • Tempat
  • Pemimpin Rapat
  • Jumlah Peserta
  • Materi Rapat 
  • Kegiatan Pembukaan :
  • Dibuka oleh
  • Sambutan dari
  • Panitia 
  • Komite Sekolah
  • Kepala Sekolah
  • Hasil Keputusan Rapat
Dengan demikian penjelasan di atas mengenai Daftar Hadir Rapat, Berita Acara dan Notulen Kegiatan Pengembangan Kurikulum dianggap sudah cukup. Selanjutnya silahkan bapak ibu download filenya dalam format yang sudah di sediakan admin di bawah ini:

Format Doc Daftar Hadir Rapat, Berita Acara dan Notulen Kegiatan Pengembangan Kurikulum

Berikut ini admin rekomendasikan juga untuk administrasi lainnya yang berkaitan dengan kegiatan pengembangan kurikulum:

Penutup

Untuk contoh format Daftar Hadir Rapat, Berita Acara dan Notulen ini sebetulnya multi fungsi dalam artian bisa dibuat untuk kebutuhan administrasi lainnya. Apabila ada pertanyaan silahkan lampirkan pada kolom kometar di bawah ya, atau bapak ibu mau reques administrasi yang di butuhkan bisa di cantumkan juga di kolom komentar. Terima kasih

0 Response to "Contoh Daftar Hadir Rapat, Berita Acara dan Notulen Kegiatan Pengembangan Kurikulum"

Post a Comment

Silahkan bapak ibu berikan komentar yang positif pada kolom di bawah ini sesuai dengan isi artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel