Contoh SK Untuk Sekolah Aman

 Selamat berjumpa kembali dersama admin Blog Teacher Education- Blog tentang informasi, file dan administrasi sekolah. Pada kesempatan ini ijinkan admin membagikan file dan informasi mengenai Surat Keterangan (SK) untuk sekolah aman.

Panitia Penanggulangan Tindak Kekerasan di sekolah


Sk sekolah aman ini bisa digunakan untuk kebutuhan di Dapoik dan bukti kelengkapan administrasi pada kegiatan akreditasi sekolah.

Pada dasarnya Surat Keterangan (SK) sekolah aman ini berisi tentang panitia penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan sekolah yang mengarah pada tindak kriminal sehingga menimbulkan kecemasan atau tramua terhadap peserta didik.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan kebudayaan Nomor 82 tahun 2015 tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan, maka dari itu sekolah atau satuan pendidikan harus menciptakan dan menjamin suasana aman, nyaman dan menyenangkan.

Untuk mengimplementasikan peraturan diatas, maka sekolah harus membuat susunan panitia penanggulangan tindak kekerasan yang terdiri dari kepala sekolah, komite sekolah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan perwakilan orang tua. Setelah terbentuk susunan panitia penanggulangan tindak kekerasan, maka selanjutnya di buat SK (Surat Keterangan) untuk sekolah aman.

Berikut admin sampaikan tugas pokok dan fungsi dari panitia penanggulangan tindak kekerasan di sekolah:

  1. Melaporkan kepada orang tua/wali siswa setiap terjadi kekerasan, serta melapor kepada dinas pendidikan dan aparat penegak hukum dalam hal yang mengakibatkan luka fisik berat/cacat/kematian;
  2. Melakukan identifikasi fakta kejadian dan menindaklanjuti kasus secara proporsional sesuai tingkat kekerasan;
  3. Menjamin hak siswa tetap mendapatkan pendidikan.
  4. Mengadakan sosialisasi tindak pencegahan tindak kekerasan 
  5. Menyusun dan menerapkan Prosedur Operasi Standar (POS) pencegahan tindak kekerasan dengan mengacu kepada pedoman yang ditetapkan Kementerian; 
  6. Melakukan sosialisasi POS dalam upaya pencegahan tindak kekerasan kepada peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali, komite sekolah- dan masyarakat; 
  7. Menjalin kerjasama antara lain dengan lembaga psikologi, organisasi keagamaan, dan pakar pendidikan dalam rangka pencegahan.
Dibawah ini admin akan lampirkan file atau contoh dari SK untuk sekolah aman dalam format doc:

Pembahasan mengenai Panitia Penanggulangan tindak kekerasan yang di tuangkan dalam SK sekolah aman admin rasa cukup jelas. Semoga bermanfaat. Tetap setia di Blog Teacher Education ya, karena admin akan selalu memberikan informasi dan file terbaik sesuai dengan kebutuhan bapak ibu.

Silahkajn Like, dan komen yang positif sesuai dengan isi artikel.


0 Response to "Contoh SK Untuk Sekolah Aman"

Post a Comment

Silahkan bapak ibu berikan komentar yang positif pada kolom di bawah ini sesuai dengan isi artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel