Format Ketentuan KKM Fisika Kelas X Jenjang SMA Kurikulum 2013

Format Ketentuan KKM Fisika Kelas X Jenjang SMA Kurikulum 2013- Selamat datang di Blog Teacher Education. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi file dan informasi mengenai Format Ketentuan KKM (Kriteria Ketuntaan Minimal) untuk jenjang SMA.

Format Ketentuan KKM Fisika Kelas X Jenjang SMA Kurikulum 2013

Format Ketentuan KKM Fisika Kelas X Jenjang SMA Kurikulum 2013

Dalam perhitungan KKM (Krtiteria Ketuntasan Minimal) tentu saja harus memperhatikan 3 aspek penting yaitu Kompleksitas, Daya Dukung dan Intake Siswa.

File Format Ketentuan KKM Fisika Kelas X Jenjang SMA Kurikulum 2013 yang admin sediakan ini berupa Aplikasi M Excel yang di dalamnya sudah terdapat rumus otomatis dalam penjumlahan atau perekapan nilai KKM Fisika Kelas X Jenjang SMA.

Sebelum pada Format Ketentuan KKM Fisika Kelas X Jenjang SMA Kurikulum 2013 anda harus mengetaui dulu Kompetensi inti Fisika Kelas X Jejang SMA ini:
Kompetensi Inti:
  1. KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
  2. KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  3. KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Selanjutnya penting di pahami Struktur Format Ketentuan KKM Fisika Kelas X Jenjang SMA Kurikulum 2013 yaitu sebagai berikut:
  1. Kompetensi Dasar
  2. Indikator
  3. Kompleksitas
  4. Daya Dukung
  5. Intake
  6. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
Keterangan Penting dalam Format Ketentuan KKM Fisika Kelas X Jenjang SMA Kurikulum 2013 yaitu:
  1. Rentang nilai berdasarkan Permendikbud 81 a tahun 2013
  2. Kompleksitas (mengidentifikasi indikator sebagai penanda tercapainya kompetensi dasar).
  3. Kemampuan daya dukung (berorientasi pada sumber belajar
  4. Intake (kemampuan rata-rata peserta didik)
  5. Nilai KKM indikator adalah rata-rata dari nilai ketiga kriteria yang ditentukan. 

Tata Cara Menghitung Kompleksitas, Daya Dukung dan Ikntake Siswa dalam Format Ketentuan KKM Fisika Kelas X Jenjang SMA Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
  • Kompleksitas
Cara menghitung Kompleksitas pada Format Ketentuan KKM adalah Mulai dari (Tinggi cakupan Nilai 50-64), (Sedang cakupan Nilai 65- 80), (Rendah cakupan Nilai 81- 100)
  • Daya Dukung
Cara menghitung Daya Dukung pada Format Ketentuan KKM adalah Mulai dari (Tinggi cakupan Nilai 81-100), (Sedang cakupan Nilai 65- 80), (Rendah cakupan Nilai 50- 64)
  • Intake Siswa
Cara menghitung Intake Siswa pada Format Ketentuan KKM adalah Mulai dari (Tinggi cakupan Nilai 81-100), (Sedang cakupan Nilai 65- 80), (Rendah cakupan Nilai 50- 64)

Unuk lebih jelasnya mengenai Format Ketentuan KKM Fisika Kelas X Jenjang SMA Kurikulum 2013 langsung aja download filenya pada tautan link di bawah ini:

Format Ketentuan KKM Fisika Kelas X Jenjang SMA Kurikulum 2013


Demikian artikel Format Ketentuan KKM Fisika Kelas X Jenjang SMA Kurikulum 2013 ini saya buat semoga bermanfaat. Terima kasih atas partisifasinya telah berkunjung pada Blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel